Pages

Minggu, 05 Juli 2015

Makalah Republik Angola



GEOGRAFI BENUA DAN SAMUDERA
(NEGARA ANGOLA )




Disusun oleh:
MUHAMMAD BAHRUL HIDAYAT
(1113015000026)





FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SYARIF HIDAYATULLAH
JAKARTA






ANGOLA
1.      SEJARAH ANGOLA 

Ratu Nzinga dalam perundingan perdamaian dengan gubernur Portugis di, 1657.
Pemukim awal daerah ini ialah suku pemburu-pengumpul Khoisan. Secara besar-besaran mereka digantikan oleh suku Bantu selama migrasi Bantu. Di Angola hari ini, Portugal singgah pada 1483 di Sungai Kongo, di mana Negara Kongo, Ndongo dan Lunda berada. Negara Kongo membentang dari Gabon modern di utara sampai Sungai Kwanza di selatan. Pada 1575 Portugal mendirikan koloni Portugis di Luanda yang berbasis pada perdagangan budak. Secara bertahap bangsa Portugis mengambil kontrol di garis pantai sepanjang abad ke-16 melalui serangkaian perjanjian dan perang. Mereka membentuk koloni Angola. BangsaBelanda menduduki Luanda antara 1641-48, memberikan dorongan untuk negara-negara anti-Portugis.
Pada 1648 Portugal mengambil kembali Luanda dan mengawali proses penaklukan militer di negara Kongo dan Ndongo yang berakhir dengan kemenangan Portugis pada 1671. Kendali administratif penuh Portugis atas urusan dalam negeri tidak terjadi sampai awal abad ke-20. Pada1951 koloni itu dibenahi kembali sebagai provinsi seberang lautan, juga disebut Afrika Barat Portugis. Saat Portugal menolak proses dekolonisasi decolonization 3 gerakan kemerdekaan bermunculan:
1.      Gerakan Rakyat untuk Pembebasan Angola (Movimento Popular de Libertação de Angola MPLA), yang berbasis di Kimbundudan kaum terpelajar ras campuran Luanda, berhubungan dengan partai komunis di Portugal dan Blok Timur;
2.      Front Pembebasan Nasional Angola (Frente Nacional de Libertação de Angola, FNLA), dengan dasar etnis di kawasan Bakongo di utara dan berhubungan dengan Amerika Serikat dan rezim Mobutu di Zaire; dan
3.      Persatuan Nasional untuk Kemerdekaan Total Angola (União Nacional para a Independência Total de Angola, UNITA), dipimpin oleh Jonas Malheiro Savimbi dengan basis etnis dan tempat di jantung kota Ovimbundu di tengah negeri.

Setelah 14 tahun perang gerilya untuk kemerdekaan, dan jatuhnya pemerintahan fasis Portugal oleh kudeta militer, partai nasionalis Angola mulai merundingkan kemerdekaan pada Januari 1975. Kemerdekaan akan didklarasikan pada November 1975. Hampir segera, perang saudara pecah antara MPLA, UNITA dan FNLA, diperburuk oleh campur tangan asing. Pasukan Afrika Selatan bersekutu dengan UNITA dan menyerang Angola pada Agustus 1975 untuk memastikan bahwa di sana tidak ada gangguan (oleh negara Angola merdeka yang baru) di Namibia, yang saat itu masih di bawah pendudukan AfSel (Hodges, 2001, 11). Uni Soviet mulai membantu MPLA dan memberi banyak dukungan ekonomi, sedangkan pasukan Kuba datang untuk mendukung MPLA pada Oktober 1975, membuatnya bisa mengendalikan ibukota, Luanda, dan menjauhkan pasukan AfSel. MPLA mendeklarasikan diri untuk menjadi pemerintahan de facto atas negeri saat sedangkan secara resmi kemerdekaan diumumkan pada bulan November, dengan Agostinho Neto sebagai presiden pertama.
Pada 1976, FNLA dikalahkan oleh gabungan MPLA dan pasukan Kuba, meninggalkan UNITA (dideking oleh Amerika Serikat dan AfSel) dan MPLA yang Marxis berseteru untuk kekuasaan.  
Konflikpun pecah, dipicu oleh geopolitik Perang Dingin dan oleh kemampuan kedua partai itu mengakses SDA Angola. MPLA melahirkan pajak atas SDA minyak lepas pantai, sedangkan UNITA mengakses berlian aluvial yang dengan mudah diselundupkan melalui perbatasan negeri itu yang keropos (LeBillon, 1999).
Pada 1991, faksi-faksi itu menyetujui Persetujuan Bicesse yang mengubah Angola menjadi negara multipartai, namun setelah presiden saat itu (dan kini) Jose Eduardo dos Santos dari MPLA memenangkan pemilihan yang diawasi PBB, UNITA menyatakan adanya penipuan dan perang pecah kembali.
Persetujuan damai 1994 (protokol Lusaka) antara pemerintah dan UNITA menyediakan integrasi bekas pemberontak UNITA ke dalam pemerintahan. Pemerintahan persatuan nasional dibentuk pada 1997, namun perang meletus lagi pada akhir 1998, meninggalkan jutaan ribu orang tuna wisma. Presiden José Eduardo dos Santos mencabut fungsi tetap instansi demokrasi akibat konflik.
Pada 22 Februari 2002, Jonas Savimbi, pemimpin UNITA, ditembak mati dan gencatan senjata dicapai antara 2 faksi. UNITA membubarkan sayap bersenjatanya dan menerima peran partai oposisi utama. Meski nampaknya keadaan politik negeri itu akan kembali pulih, presiden dos Santos tetap tidak mengizinkan proses demokrasi tetap terjadi. Di antara masalah utama Angola ialah krisis kemanusiaan yang serius (akibat perang berkepanjangan), berlimpahnya pertambangan, dan aksi gerakan gerilya yang berperang buat kemerdekaan eksklaf Kabinda yang terletak di utara (Frente para a Libertação do Enclave de Cabinda). Akhirnya Angola menjadi salah satu dari sedikitnya negara Afrika yang bergabung dengan blok Soviet dan menjadi komunis, bersama dengan koloni Portugis Mozambique.
Angola, seperti banyak negara Sub-Sahara, ialah tempat berjangkitnya penyakit menular secara perodik. Pada April 2005, Angola di tengah-tengah berjangkitnya virus Marburgyang dengan cepat menjadi tempat berjangkitnya penyakit berdarah terburuk dalam catatan sejarah, dengan lebih dari 237 orang mati dilaporkan dari 261 kasus yang dilaporkan, dan telah menyebar ke 7 dari 18 provinsi dari 19 April 2005.

2.      KONDISI GEOGRAFIS


Angola dibatasi leh Namibia di sebelah selatan, Zambia di sebelah selatan, Republik Demokratik Kongo di sebelah timur laut, dan Laut Atlantik Selatan di sebelah barat. Kawasan eksklaf dari Cabinda juga berbatasan dengan Republik Kongo di sebelah utara. Ibukota Angola, Luanda, terletak di pantai Atlantik di barat laut negara ini.
Pada 1.246.620 km2 ( 481.321 sq mi ) , [ 24 ] Angola adalah negara terbesar dua puluh tiga di dunia . Hal ini sebanding dalam ukuran ke Mali , atau dua kali ukuran Perancis atau Texas . Itu terletak sebagian besar di antara garis lintang 4 ° dan 18 ° S , dan bujur 12 ° dan 24 ° E .
Angola berbatasan dengan Namibia di selatan , Zambia ke timur , Republik Demokratik Kongo ke utara - timur , dan Samudra Atlantik Selatan ke barat . Eksklave pesisir Cabinda di utara , berbatasan dengan Republik Kongo di utara , dan Republik Demokratik Kongo di selatan [ 25 ] ibukota Angola , Luanda , terletak di pantai Atlantik di barat laut negara itu .
Angola memiliki tiga musim , musim kemarau yang berlangsung dari Mei hingga Oktober , musim peralihan dengan beberapa hujan dari bulan November sampai bulan Januari dan , musim hujan panas dari Februari hingga April . April adalah bulan terbasah . [ 26 ] [ 27 ] Suhu rata-rata Angola di pantai adalah 16 ° C ( 60 ° F ) di musim dingin dan 21 ° C ( 70 ° F ) di musim panas , sedangkan interior umumnya lebih panas dan pengering .

3.      KONDISI KEPENDUDUKAN

Angola memiliki penduduk 24.383.301 jiwa menurut hasil awal dari sensus yang 2014, yang pertama dilakukan atau dilaksanakan sejak 15 Desember 1970.  Hal ini terdiri dari kota Ovimbundu (bahasa Umbundu) 37%, Ambundu (bahasa Kimbundu) 25 %, Bakongo 13%, dan 32% kelompok etnis lainnya (termasuk Chokwe, yang Ovambo, yang Mbunda, dengan yang terakhir yang telah digantikan oleh Ganguela, istilah generik bagi masyarakat timur dari Dataran Tinggi Tengah,  yang memiliki sedikit makna menghina bila diterapkan oleh kelompok etnis Barat, dan Xindonga) serta sekitar 2% mestiços (campuran Eropa dan Afrika), 1,4% Cina dan 1% Eropa.  The Ambundu dan kota Ovimbundu negara gabungan bentuk mayoritas penduduk, pada 62%. Populasi diperkirakan tumbuh lebih dari 60 juta orang untuk tahun 2050, 2,7 kali 2014 penduduk.
Diperkirakan Angola adalah tuan rumah bagi 12.100 pengungsi dan 2.900 pencari suaka pada akhir tahun 2007. 11.400 orang pengungsi yang berasal dari Republik Demokratik Kongo, yang tiba di tahun 1970-an.  Pada tahun 2008 diperkirakan ada 400.000 Republik Demokratik Kongo pekerja migran,  setidaknya 30.000 Portugis,  dan sekitar 259.000 orang Cina yang tinggal di Angola.
Sejak tahun 2003, lebih dari 400.000 migran Kongo telah diusir dari Angola.  Sebelum kemerdekaan pada tahun 1975, Angola memiliki komunitas sekitar 350.000 Portugis, tetapi sebagian besar yang tersisa setelah kemerdekaan dan perang sipil berikutnya. Namun, Angola telah pulih minoritas Portugis dalam beberapa tahun terakhir; Saat ini, ada sekitar 200.000 terdaftar di konsulat, dan meningkat karena krisis utang di Portugal dan kemakmuran relatif di Angola.  Populasi Cina berdiri di 258.920, sebagian besar terdiri dari pendatang sementara.  Tingkat fertilitas total dari Angola adalah 5.54 anak yang lahir per perempuan (2012 perkiraan), tertinggi 11 di dunia.

4.      KONDISI PEREKONOMIAN
Sistem keuangan Angola dikelola oleh Bank Nasional Angola dan dikelola oleh Gubernur Jose de Lima Massano . Angola memiliki warisan yang kaya subsoil , dari berlian , minyak , emas , tembaga , dan satwa liar yang kaya ( secara dramatis miskin selama perang sipil ) , hutan , dan fosil . Sejak kemerdekaan , minyak dan berlian telah menjadi sumber ekonomi yang paling penting . Rakyat dan pertanian perkebunan telah secara dramatis menurun karena Perang Saudara Angola , namun telah mulai pulih setelah tahun 2002. Industri transformasi yang telah datang ke dalam keberadaan di masa kolonial akhir runtuh pada kemerdekaan, karena eksodus sebagian besar penduduk etnis Portugis , namun sudah mulai muncul kembali ( dengan teknologi diperbarui ) , sebagian karena masuknya pengusaha Portugis yang baru . Perkembangan serupa dapat diverifikasi di sektor jasa .
Secara keseluruhan, ekonomi Angola telah mengalami masa transformasi dalam beberapa tahun terakhir, bergerak dari kekacauan yang disebabkan oleh seperempat abad perang sipil untuk menjadi ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di Afrika dan salah satu yang tercepat di dunia, dengan pertumbuhan PDB rata-rata 20 persen antara tahun 2005 dan 2007. Pada periode 2001-2010, Angola memiliki pertumbuhan PDB tertinggi di dunia rata-rata tahunan, di 11,1 persen. Pada tahun 2004, China Eximbank menyetujui garis $ 2 miliar kredit ke Angola. Pinjaman tersebut digunakan untuk membangun kembali infrastruktur Angola, dan juga telah membatasi pengaruh Dana Moneter Internasional di negeri ini.  Cina adalah Angola terbesar mitra dagang dan tujuan ekspor serta terbesar keempat importir. Perdagangan bilateral mencapai $ 27670000000 pada tahun 2011, naik 11,5 persen tahun-ke-tahun. Impor Cina, terutama minyak mentah dan berlian, naik 9,1 persen menjadi $ 24890000000 sementara ekspor China, termasuk produk-produk mekanik dan listrik, suku cadang mesin dan bahan bangunan, melonjak 38,8 persen.  Meluap-luap minyak menyebabkan bensin tanpa timbal lokal " pricetag "dari £ 0,37 per galon.

The Economist melaporkan pada 2008 bahwa berlian dan minyak membuat 60 persen dari perekonomian Angola, hampir semua pendapatan negara dan ekspor yang dominan. Pertumbuhan hampir seluruhnya didorong oleh meningkatnya produksi minyak yang melampaui 1,4 juta barel per hari (220.000 m3 / d) pada akhir tahun 2005 dan diperkirakan akan tumbuh menjadi 2 juta barel per hari (320.000 m3 / d) pada tahun 2007. Pengendalian industri minyak dikonsolidasikan di Sonangol Group, konglomerat yang dimiliki oleh pemerintah Angola. Pada bulan Desember 2006, Angola ini mengaku sebagai anggota OPEC. Namun, operasi di tambang berlian termasuk kemitraan antara negara yang dikelola Endiama dan pertambangan perusahaan seperti Alrosa yang melanjutkan operasi di Angola. Ekonomi tumbuh 18% di 2005, 26% pada tahun 2006 dan 17,6% pada tahun 2007. Namun, karena resesi global ekonomi dikontrak sekitar -0.3% pada tahun 2009.  keamanan dibawa oleh penyelesaian damai 2002 telah menyebabkan pemukiman 4 juta pengungsi, sehingga mengakibatkan peningkatan besar-besaran di produksi pertanian.
Meskipun perekonomian negara telah berkembang secara signifikan sejak mencapai stabilitas politik pada tahun 2002, terutama berkat penghasilan cepat naik dari sektor minyak, Angola menghadapi masalah sosial dan ekonomi yang besar. Ini adalah sebagian hasil dari keadaan hampir terus-menerus konflik dari tahun 1961 dan seterusnya, meskipun tingkat tertinggi kehancuran dan kerusakan sosial-ekonomi terjadi setelah 1975 kemerdekaan, selama bertahun-tahun perang saudara. Namun, tingkat kemiskinan yang tinggi dan kesenjangan sosial terang-terangan yang terutama hasil dari kombinasi dari otoritarianisme politik yang gigih, praktek "neo-patrimonial" di semua tingkat politik, administrasi, militer, dan aparat ekonomi, dan korupsi meluas.  Penerima utama dari situasi ini adalah segmen sosial merupakan sejak tahun 1975, tetapi terutama selama dekade terakhir, sekitar pemegang politik, administrasi, ekonomi, dan kekuatan militer, yang telah mengumpulkan (dan terus mengumpulkan) kekayaan yang sangat besar .  "penerima manfaat sekunder" adalah strata menengah yang akan menjadi kelas sosial. Namun, hampir keseluruhan setengah populasi harus dianggap sebagai miskin, tetapi dalam hal ini ada perbedaan dramatis antara pedesaan dan kota-kota (di mana sekarang sedikit lebih dari 50% dari orang hidup).
Sebuah penyelidikan yang dilakukan pada tahun 2008 oleh Angola Instituto Nacional de Estatística mengatakan bahwa di daerah pedesaan sekitar 58% harus diklasifikasikan sebagai "miskin", menurut norma-norma PBB, namun di daerah perkotaan hanya 19%, sedangkan tingkat keseluruhan 37%  Di kota-kota, sebagian besar keluarga, jauh melampaui mereka secara resmi tergolong miskin, harus mengadopsi berbagai strategi bertahan hidup.  Pada saat yang sama, di daerah perkotaan kesenjangan sosial yang paling jelas, dan. mengasumsikan bentuk ekstrim di ibukota, Luanda. Dalam Indeks Pembangunan Manusia Angola terus peringkat di kelompok bawah.
Menurut The Heritage Foundation, sebuah lembaga think tank konservatif Amerika, produksi minyak dari Angola telah meningkat begitu signifikan bahwa Angola sekarang adalah pemasok terbesar Cina minyak pendapatan minyak Tumbuh juga menciptakan peluang untuk korupsi. Menurut baru-baru ini Human Rights Watch Laporan, $ 32000000000 menghilang dari rekening pemerintah dari tahun 2007 sampai 2010.
Sebelum kemerdekaan pada tahun 1975, Angola adalah lumbung Afrika selatan dan eksportir utama pisang, kopi dan sisal, tapi tiga dasawarsa perang saudara (1975-2002) menghancurkan pedesaan yang subur, meninggalkannya penuh dengan ranjau darat dan mengemudi jutaan ke kota-kota . Negara ini sekarang tergantung pada impor makanan mahal, terutama dari Afrika Selatan dan Portugal, sementara lebih dari 90 persen dari pertanian dilakukan pada tingkat keluarga dan subsisten. Ribuan petani skala kecil Angola terjebak dalam kemiskinan.
Perbedaan besar antara daerah menimbulkan masalah struktural yang serius dalam perekonomian Angola. Hal ini diilustrasikan oleh fakta bahwa sekitar sepertiga dari kegiatan ekonomi terkonsentrasi di Luanda dan provinsi tetangga Bengo, sementara beberapa daerah interior ditandai dengan stagnasi dan bahkan regresi.
Salah satu konsekuensi ekonomi dari kesenjangan sosial dan regional merupakan peningkatan tajam dalam investasi swasta Angola luar negeri. Pinggiran kecil masyarakat Angola di mana sebagian besar akumulasi berlangsung berusaha untuk menyebarkan asetnya, karena alasan keamanan dan keuntungan. Untuk saat ini, bagian terbesar dari investasi ini terkonsentrasi di Portugal di mana kehadiran Angola (termasuk yang dari keluarga presiden negara) di bank-bank serta dalam domain energi, telekomunikasi, dan media massa telah menjadi terkenal, sebagai memiliki akuisisi kebun-kebun anggur dan kebun serta perusahaan wisata.
Dengan persediaan aset sesuai dengan 70 miliar USD (6,8 miliar Kz), Angola sekarang pasar keuangan terbesar ketiga di sub-Sahara Afrika, hanya dilampaui oleh Nigeria dan Afrika Selatan. Menurut Menteri Angola Ekonomi, Abraão Gourgel, pasar keuangan negara berkembang sederhana dari tahun 2002 dan sekarang terletak di tempat ketiga pada tingkat sub-Sahara Afrika.
Ekonomi Angola diperkirakan akan tumbuh sebesar 3,9 persen pada 2014 mengatakan Dana Moneter Internasional (IMF). Menurut Dana, pertumbuhan yang kuat dalam ekonomi nonmigas, terutama didorong oleh kinerja yang sangat baik di sektor pertanian, diharapkan untuk mengimbangi penurunan sementara dalam produksi minyak.
Menurut sebuah studi pada sektor perbankan, yang dilakukan oleh Deloitte, kebijakan moneter yang dipimpin oleh Banco Nacional de Angola (BNA), bank nasional Angola, memungkinkan penurunan tingkat inflasi diletakkan di 7.96% pada bulan Desember 2013 yang memberikan kontribusi untuk Tren pertumbuhan sektor.
Menurut perkiraan diungkapkan oleh bank sentral Angola, perekonomian negara harus tumbuh pada tingkat tahunan rata-rata 5 persen selama empat tahun ke depan, didorong oleh peningkatan partisipasi sektor swasta.
Pada tanggal 19 Desember 2014, Pasar Modal di Angola dimulai. BODIVA (Angola Efek dan Bursa Efek Utang, dalam bahasa Inggris) menerima pasar utang publik sekunder, dan diharapkan untuk memulai pasar utang perusahaan pada tahun 2015, namun pasar saham hanya harus menjadi kenyataan pada tahun 2016.

5.      KEGIATAN PARIWISATA

1.  Taman Alam Kissama ( Quiçama )
Lokasinya terletak di provinsi Bengo di barat laut Angola , sekitar 70 kilometer dari Luanda . Ini memiliki luas permukaan 990.000 ha , menjadi salah satu yang terbesar di dunia . Berbatasan di barat dengan Samudera Atlantik , dengan lebih dari 120 km dari garis pantai , sungai Kwanza di utara dan selatan Sungai Longa .

2.      Luanda City
Ibu kota Angola, Luanda, ternyata mengalahkan Tokyo sebagai kota termahal bagi para ekspatriat. Surveri terbaru Mercer menyebutkan, baya hidup di kota kaya minyak berkatogeri miskin di Benua Afrika itu sangat mahal.
Dalam survei tahunan terbaru Mercer Worldwide Survey Cost of Living yang dirilis kemarin, Tokyo, yang dikenal sangat teratur dalam tata kota dan kesehariannya, harus puas di posisi kedua setelah Luanda. Kota Afrika lainnya Ndjamena (Chad), yang sarat kekerasan berada di peringkat ketiga kota termahal di dunia.

6.      INFORMASI TAMBAHAN MENGENAI ANGOLA
Republik Angola adalah sebuah negara yang terletak di Afrika bagian barat daya. Angola berbatasan dengan NamibiaRepublik Demokratik KongoZambia dan Samudra AtlantikCabinda, sebuah provinsi Angola berbentuk eksklave, berbatasan dengan Republik Kongo. Luas wilayah Angola hampir dua kali luas pulau Borneo; menempati peringkat ke-22 sedunia (setelah Niger dan sebelum Mali). Negara ini merupakan salah satu produsen kopi utama di dunia dan termasuk negara terkaya di Afrika berkat sumber alamnya, terutama bijih besiintan, dan tembaga.
República de Angola
                 
Bendera   :

Lambang   :

Lagu kebangsaan             : Angola Avante!
 Ibu kota
(dan kota terbesar)           : Luanda
Bahasa resmi                   : Portugis
Pemerintahan                   : Demokrasi multi-partai
       -       Presiden                          :José Eduardo dos Santos
       -       Perdana Menteri             :Manuel Vicente
Kemerdekaan                   : Dari Portugal
Tanggal                                : 11 November 1975
Luas
-             Total      1,246,700 km2 (23)
 -             Perairan (%)

Penduduk
 -             Perkiraan 2009  : 18.498.000 (72)
 -             Kepadatan          : 14,8/km2 (199)
PDB (KKB)
Perkiraan 2012
-             Total                      : US$128,288 miliar (64)
 -             Per kapita            : US$6.346 (107)
Mata uang          : Kwanza (AOA)
Zona waktu        : (UTC+1)
 -             Musim panas (DST)
 (UTC+1)
Ranah Internet : .ao
Kode telepon    : 244

1 komentar: