Pages

Rabu, 10 Juni 2015

INSPIRING TEACHER

Inspiring Teacher
(Oleh : Muhammad Bahrul Hidayat)



Pendidikan adalah salah satu komponen yang memiliki peran sangat penting dalam menciptakan atau mempengaruhi kesuksesan hidup seseorang. Berbicara pendidikan tentu tidak terlepas dari peran seorang guru, karena sosok seorang guru inilah yang akan membentuk karakteristik atau kepribadian siswanya.  Setiap siswa pasti memiliki kesan terhadap ‘guru pilihan’ sesuai dengan kriterianya yang berbeda-beda, mulai dari seorang guru yang humoris, kreatif, bijaksana, modis, disiplin sampai guru yang perhatian dan inspiratif. Itu semua tergantung pada selera dan kecenderungan pribadi seorang siswa untuk mendapatkan kenyamanan dalam kegiatan belajar di kelas.
Selama saya mengenyam pendidikan, sosok inspirator tersebut saya temui di lingkungan kampus Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Beliau adalah Bapak Dr. Muhammad Arif, M.Pd. Beliau merupakan seorang dosen pengampu mata kuliah Sejarah di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Beliau adalah salah satu tokoh yang berpengaruh dan sangat menginspirasi saya khususnya dalam membentuk sebuah karakter yang beliau berikan melalui proses kegiatan pembelajarannya. Semuanya diberikan secara ‘jelas’, mulai dari kepribadian beliau yang sangat ramah, penampilan yang sederhana (tidak berlebihan) dan selalu rapih, konsisten terhadap tanggungjawabnya sebagai seorang dosen, ketepatan waktu dalam setiap perkuliahannya, pengetahuan yang mumpuni dalam bidang studinya, dan selalu memberikan kata-kata yang membangun terhadap mahasiswanya dalam sisipan sebuah materi yang disampaikannya. Beliau merupakan salah satu dosen yang sangat disegani mahasiswa padahal beliau sangat baik dan ramah, mungkin karena keramahannya yang membuat para mahasiswa bahkan orang-orang disekitarnya menjadi segan terhadapnya.
          Dalam proses pembelajaran di kelas, beliau selalu memberikan motivasi-motivasi terhadap mahasiswa, terutama yang terkait dengan pembelajaran atau tema pembahasan dalam setiap pertemuan yang variatif. Beliau selalu membangkitkan rasa cinta kita terhadap tanah air kita, lewat pendidikan sejarah yang beliau berikan selalu disisipkan nilai-nilai yang membangun nasionalisme kita terhadap tanah air kita melalui penyampaian yang sangat menyejukkan namun sangat menggairahkan. Kekayaan bangsa Indonesia baik itu dari segi sejarah, kebudayaan, sumber daya alam maupun sumber daya manusia merupakan topik yang selalu menjadi sorotan beliau dalam kegiatan pembelajarannya, dengan tujuan untuk membangun kepercayaan diri dan rasa bangga akan apa yang telah dimiliki oleh bangsa ini. Karena  dalam realitanya nasionalisme masyarakat semakin memudar, terutama di kalangan para pemuda yang semakin jauh larut dalam era modernisasi dan globalisasi.
Untuk memotivasi mahasiswa supaya belajar, beliau selalu memberikan sebuah tema artikel seminggu sebelum perkuliahannya agar para mahasiswa dapat mempersiapkan pembelajaran apa saja yang akan dibahas di pertemuan berikutnya. Menurut saya cara ini cukup efektif, karena memang para mahasiswa cukup antusias dalam penugasan tersebut, dan dalam setiap minggu ada beberapa mahasiswa yang maju ke depan kelas untuk mempresentasikan artikel tersebut. Dengan penugasan seperti itu mahasiswa cenderung lebih aktif dalam kegiatan belajar, karena mereka telah membaca juga memahami topik yang akan dibahas dalam pembelajaran setiap minggunya.
          Menurut saya beliau adalah seorang guru yang sangat inspiratif, di kelas pun beliau sering menceritakan akan pengalaman hidupnya yang sangat menginspirasi saya maupun para mahasiswa umumnya. Akan tetapi, beliau selalu mengatakan bahwa tujuannya menyampaikan pengalaman kehidupannya bukan semata-mata untuk ‘mengumbar’ kebaikan atas apa yang telah ia dapatkan, namun semuanya bertujuan untuk memotivasi para mahasiswanya untuk bisa lebih dari apa yang telah beliau dapatkan. Beliau selalu mengatakan kepada mahasiswa bahwa beliau pun dulunya adalah seorang yang pendiam, selalu tidak berani dalam mengungkapkan pendapat dan tidak cukup memiliki prestasi yang baik. Tapi sekarang beliau telah menjadi seorang yang hebat, mungkin banyak sekali orang-orang yang telah terinspirasi dari kepribadian beliau termasuk saya. Saya hampir memiliki kepribadian yang sama seperti beliau, sejak SD, SMP dan SMA saya merupakan kepribadian yang selalu diam dan mungkin bisa dikatakan ‘terbunuh’ karakter yang saya miliki. Namun setelah bertemu dan mengikuti perkuliahan beliau, sekarang saya lebih berani ketika harus berpendapat bahkan saya jauh lebih percaya diri dari sebelumnya.
          Pelajaran yang sangat berharga dari beliau adalah seseorang tidak akan bisa keluar dari ketakutannya (mengeluarkan pendapat) jika bukan dia sendiri yang memberanikannya untuk keluar dari ketakutan tersebut dan ketika orang tersebut sudah tidak percaya terhadap dirinya sendiri (percaya diri) maka bagaimana orang lain akan menghargai dan mempercayainya.   
          Mungkin itu saja yang bisa saya ceritakan, akan tetapi bukan berarti saya tidak senang dan tidak respect terhadap semua guru yang pernah mendonasikan ilmunya terhadap saya secara cuma-cuma. Akan tetapi, beliau merupakan salah satu guru terbaik yang pernah saya temukan dalam dunia pendidikan dalam memberikan pengetahuan khususnya dan umumnya dalam membentuk saya untuk menjadi seorang yang lebih percaya diri dan lebih mempersiapkan diri dalam menatap masa yang akan datang. hehe 

Terima Kasih ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar